Cacat Minor dan Mayor

Pengertian Cacat Minor & Cacat Mayor Pada Fashion

Dalam video ini, akan dijelaskan secara ringkas apa itu cacat minor dan cacat mayor.

Dalam dunia manufaktur, cacat produksi adalah suatu hal yang mungkin dapat terjadi. Cacat produksi adalah produk cacat yang melenceng dari konsep dan tidak memenuhi standar yang telah ditentukan karena beberapa faktor. Misalnya produk cacat disebabkan oleh faktor kesalahan manusia, faktor bahan baku yang salah, faktor pengoperasian mesin, faktor pemilihan metode yang kurang tepat, dan lingkungan yang kurang mendukung proses produksi.

Produk cacat adalah produk yang masih dapat diterima oleh pasar. Akan tetapi produk tersebut memerlukan perbaikan dan biaya untuk dapat disempurnakan kembali dan menjadi produk yang bernilai ekonomis.

Kita mengenal 2 jenis cacat produk yang paling umum, yaitu adalah, cacat minor dan juga cacat mayor.

Cacat minor adalah kesalahan pada suatu produk yang biasanya produknya masih dapat digunakan, karena kesalahan cacat minor tidak terlalu begitu terlihat. Misalnya contoh cacat minor adalah jahitan yang tidak rapih, warna yang kurang cocok dengan deskripsi, tali sepatu yang panjang sebelah, cat sablon yang agak bergeser atau kurang tegak dan lain sebagainya.

Sementara cacat mayor adalah cacat yang terlihat jelas dan sulit untuk diperbaiki kembali, cacat mayor mempengaruhi daya jual produk dan juga bisa mempengaruhi fungsi produk, cacat mayor bahkan tidak dapat diperbaiki kembali karena suatu faktor. misalnya cacat mayor memerlukan biaya, tenaga dan ongkos untuk memperbaikinya kembali, sehingga harga jual dari produk tersebut tidak menutupi biaya yang timbul dari perbaikan produk dengan cacat mayor.

Maka dari itu, suatu usaha produksi harus selalu memperhatikan kualitas produknya sehingga tidak menimbulkan produk yang cacat, yang dapat merugikan usaha produksi tersebut. Selain rugi bahan, biaya, tenaga dan ongkos. Produk yang cacat dapat menimbulkan komplen dari pelanggan dan membuat buruk citra dari perusahaan dan merek produknya.